Fungsi Makanan Bagi Tubuh

Semua bentuk kehidupan, baik tanaman, binatang, maupun manusia memerlukan unsur makanan tertentu untuk bertahan hidup dan berkembang biak. Unsur-unsur yang diperlukan untuk tumbuh harus terdapat di dalam makanan dengan perbandingan yang tepat.
Tubuh manusia terdiri dari berjuta-juta sel yang hidup dan kesemuanya mempunyai fungsi masing-masing. Setiap sel ini harus senantiasa terpelihara supaya dapat melakukan fungsinya dengan baik. Untuk memastikan hal ini, kita harus memilih makanan dengan bijaksana, sehingga kesehatan kita senantiasa terjaga. Ini adalah keputusan terpenting dalam kehidupan kita, yaitu suatu keputusan yang akan mengakibatkan kerugian pada diri kita sendiri ataukah keputusan yang akan memberikan kesehatan bagi tubuh kita. untuk itu kita sendirilah yang harus menentukan keputusan ini, dan tahukah anda apabila kita hidup sampai usia 70 tahun, makanan yang anda konsumsi akan mencapai 1400 kali lebih berat daripada berat tubuh kita sendiri. ini suatu angka yang besar sekali, karena tubuh kita memerlukan makanan untuk memenuhi semua kebutuhan dan fungsi tubuh. Adapun fungsi utama makanan bagi tubuh adalah sebagai berikut:

1. Penyedia energi/bahan bakar.
Zat-zat makanan yang telah melalui serangkaian proses pencernaan dalam tubuh akan menghasilkan energi/bahan bakar yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Tanpa adanya energi kita tidak akan dapat melakukan aktivitas sehari-hari sperti bekerja, belajar, berolahraga, dan aktivitas-aktivitas lainnya. 

2. Pertumbuhan dan Pembangunan Tubuh.
Pertumbuhan dan pembangunan tubuh dimulai sejak kita lahir dan berlangsung selama kita hidup.  Bahan-bahan untuk pertumbuhan dan pembangunan tubuh ini bersumber dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. 

3. Pemeliharaan Jaringan dan Perbaikan Jaringan tubuh (regenerasi).
Untuk melakukan fungsi tubuh secara normal sangat tergantung pada kesehatan jaringan-jaringan yang ada. Apabila terdapat kerusakan pada jaringan atau jaringan tersebut sudah tua, maka diperlukan makanan untuk membangun kembali jaringan yang telah rusak sehingga jaringan tersebut dapat berfungsi kembali secara optimal.

4. Pengaturan Proses-Proses Tubuh
Didalam tubuh manusia banyak sekali proses yang terjadi. Disini makanan mempunyai peranan untuk mengatur metabolisme dan mengatur berbagai keseimbangan cairan tubuh melalui unsur-unsur yang terkandung di dalamnya.

5. Pertahanan Tubuh Terhadap Penyakit (antibodi)
Vitamin sebagai salah satu unsur yang terkandung dalam makanan memberikan fungsi dalam mempertahankan kekebalan tubuh, karena kekurangan terhadap salah satu vitamin yang terkandung dalam makanan dapat menimbulkan penyakit.

Untuk menjalankan semua fungsi tersebut diatass, kita harus cukup mengkonsumsi makanan yang benar-benar sehat dan mengandung unsur-unsur yang diperlukan oleh tubuh. Tanpa adanya makanan yang mengandung unsur-unsur yang diperlukan tubuh, tubuh tidak akan bisa menjalankan fungsinya secara normal yang pada akhirnya akan menimbulkan gangguan pada kesehatan.
Adapun syarat-syarat makanan yang baik adalah sebagai berikut:

  1. Makanan harus mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan air. Zat-zat tersebut adalah zat gizi yang digunakan oleh tubuh untuk pertumbuhan, pemeliharaan dan perbaikan sel-sel yang rusak, serta penyedia energi untuk beraktivitas. Presentase kebutuhan yang baik adalah: Karbohidrat (10-45%), lemak (10-25%), dan protein (10-15%). Vitamin dan mineral yang termasuk dalam makanan mikro (mikro nutrient) jga diperlukan oleh tubuh untuk pemrosesan zat makanan di dalam tubuh.
  2. Makanan harus cukup mengandung kalori untuk sumber tenaga. Kalori yang dihasilkan oleh karbohidrat dan lemak dapat dijadikan sebagai sumber energi tetap untuk melakukan kegiatan sehari-hari.
  3. Makanan harus mudah dicerna. Makanan yang berasal dari hewan lebih mudah dicerna daripada makanan yang berasal dari tumbuhan. Makanan yang sulit dicerna akan mengakibatkan kerja sistem pencernaan tubuh kita menjadi lebih berat, selain itu akan menyulitkan penyerapan unsur-unsurnya.
  4. Makanan harus mengandung cukup serat. Makanan yang berserat berpengaruh positif terhadap proses-proses di dalam saluran pencernaan dan metabolisme zat-zat gizi. Asalkan dalam jumlah yang tidak berlebihan, makanan berserat berfungsi untuk mempermudah pengeluaran fases (anti konstipasi).
  5. Makanan harus mengandung cukup air. Apabila makanan tidak mengandung cukup air, maka kerja sistem pencernaan akan menjadi berat. Selain itu makanan yang mengandung banyak cukup air akan mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan , karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air.
  6. Makanan harus mengandung sedikit mengkin zat aditif yang dapat merugikan kesehatan. Banyaknya zat aditif yang ditambahkan pada makanan baik selama proses maupun sesudah pengolahan (siap konsumsi) bila dalam takaran yang tidak tepat dapat berefek buruk pada kesehatan.
Dari semua syarat tersebut diatas, kita hendaknya dapat memilih dan mengkonsumsi makanan secara bijaksana, inilah yang menentukan apa yang anda makan, bagaimana cara makan, dapat menentukan apakah anda akan sehat atau akan sakit dan berapa lama kita akan hidup.

4 comments:

  1. siiiiiiiiiiiiiip........................

    ReplyDelete
  2. siiiiiiiiiiiiiip........................

    ReplyDelete
  3. YUK !!!!! buruan gabung dan menang kan total hadiah ratusan juta rupiah setiap hari nya hanya di s1288poker agent poker terpecaya .... cuma di sini tempat nya kamu bisa menunjukan kehebatan kamu dalam bermain poker yukkkk daftar kan diri anda sekarang juga
    terdapat 6 game dalam 1 user id anda loh.... (WA : 08122221680)

    ReplyDelete